Minggu, 26 Februari 2017

Komunikasi Bisnis



Komunikasi Bisnis

A.    Apa itu Komunikasi Bisnis
Dalam suatu organisasi bisnis, komunikasi merupakan salah satu faktor penting agar tercapainya tujuan suatu organisasi. Seorang pimpinan memerintahkan bawahannya untuk  membuat surat pesanan barang, menjawab atau membuat surat aduan, membuat surat edaran umum, membuat surat kontrak kerjasama, membuat surat balasan / tanggapan, dan sejenisnya merupakan hal yang rutin dalam dunia bisnis.
Dengan berbagai contoh diatas, pertanyaan pertama adalah apakah yang dimaksud “komunikasi” itu sendiri? Untuk lebih memahami arti dari komunikasi, para ahli mendefinisikan komunikasi dari berbagai sudut pandang, menurut Curtis et.al. (1996), adalah pertukaran pesan. Katz (1994) berpendapat bahwa komunikasi adalah proses bertukar pengertian. Selanjutnya, pendapat lainnya adalah Tubbs & Moss (1996) yang mengatakan bahwa komunikasi adalah berbagi pengalaman. Sedangkan Luthans (1973) mendefinisikan komunikasi sebagai pemindahan informasi. Lain lagi dengan Pace & Faules (1998), mereka mendefinisikan komunikasi sebagai tindakan pertunjukan-pesan dan penafsiran pesan.
Dari berbagai definisi yang tampak berbeda-beda, sebenarnya ada dua kesamaan yang dimiliki yaitu dalam komunikasi terjadi pertukaran atau pemindahan dan dalam komunikasi ada sesuatu yang dipidahkan atau ditukarkan (pesan atau informasi).
Dari berbagai contoh diatas, maka komunikasi bisnis memiliki definisi tersendiri yang telah dikemukakan oleh berbagai ahli, antara lain:
1.      Curtis (1992:6), Komunikasi bisnis sesuai dengan komunikasi dalam organisasi bisnis dalam pertunjukan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan. Menurut posisi yang lebih tinggi dalam bisnis, ia semakin bergantung pada keahlian dari orang lain untuk membuat keputusan dan memecahkan masalah untuk sukses.
2.      Katz (1994:4), Komunikasi bisnis didefinisikan sebagai pertukaran ide, pesan, dan konsep yang berkaitan dengan pencapaian serangkaian tujuan komersial. Komunikasi bisnis dapat didefinisikan sebagai komunikasi yang terjadi dalam dunia bisnis dalam rangka mencapai tujuan bisnis.
3.      Purwanto (2006:4), Komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis, termasuk berbagai bentuk komunikasi, baik komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya bisnis komunikasi dibagi menjadi dua hal: verbal dan non-verbal.
B.     Bentuk-Bentuk Komunikasi Bisnis
1.      Komunikasi Verbal (Verbal Communication)
Merupakan bentuk komunikasi yang lazim digunakan dalam dunia bisnis untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis kepada pihak lain baik melalui tulisan (written) dan lisan (oral), misal ; berbicara & menulis, mendengarkan & membaca , presentasi, mendengar radio, menonton televisi dsb.
a.       Komunikasi Lisan
·         Penyampaian perintah, penjelasan dan bimbingan tugas kepada bawahan
·         Presentase bisnis di depan forum atau audience
·         Berdiskusi dalam suatu tim kerja
·         Berbagai wawancara kerja
·         Pembicaraan bisnis melalui telepon atau teleconference
b.      Komunikasi tertulis
·         Formulir, memorandum, surat penugasan untuk kegiatan perusahaan
·         Surat telefax, e-maill, telex untuk koresponden dengan pihak ketiga antar bagian perusahaan.
·         Laporan formal, sebabai bahan masukan untuk menyusun strategi, rencana kerja, atau pengambilan keputusan.
·         Naskah, hands-out, kertas kerja
·         Sarana promosi, brosur, iklan, spanduk, poster, baliho dsb
2.      Komunikasi Nonverbal (Nonverbal Communication)
Merupakan bentuk komunikasi yang paling mendasar dalam komunikasi bisnis. Walaupun pada umumnya komunikasi nonverbal memiliki sifat kurang terstruktur sehingga sulit untuk dipelajari, seperti memahami dalam penggunaan bahasa isyarat, ekspresi wajah, gerakan tubuh, sandi, simbol-simbol, warna dan intonasi suara. Dalam penyampaiannya, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal memilki arti yang berbeda-beda, seperti dalam komunikasi nonverbal. pesan yang disampaikan biasanya dilakukan secara spontan tanpa memiliki rencana dan dilakukan secara tidak sadar dan bersifat alami. Adapun Komunikasi Nonverbal memilki beberapa tujuan, yaitu:
·         Menyediakan dan memberikan informasi
·         Mangatur alur suatu percakapan
·         Mengekspresikan emosi
·         Memberi sifat dan melengkapi, menentang atau mengembangkan pesan-pesan verbal
·         Mengendalikan atau mempengaruhi orang lain
·         Mempermudah tugas-tugas khusus, misalnya dalam memberikan pengajaran pada saat kuliah
Dalam prakteknya, di dalam suatu komunikasi bisnis terjadi penggabungan antar komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal dalam suatu situasi. Karena biasanya kata-kata yang disampaikan dalam suatu komunikasi atau percakapan kadang hanya membawa sebagian dari pesan. Dan relevansinya dalam komunikasi bisnis, tipe komunikasi nonverbal dapat menentukan kredibilitas dan kepemimpinan seseorang, yang dapat dilihat dari karateristik suara, penampilan, sentuhan, gerakan dan posisi tubuh juga melalui ekspresi wajah dan mata.
C.     Apakah Live Story Instagram termasuk Komunikasi Bisnis?
Live Story Instagram dilihat dari berbagai aspek dan cara-cara penyampaiannya termasuk kedalam komunikasi karena konten dan cara penyampaian yang dibawakan oleh instagrammer sudah memenuhi ciri-ciri dari komunikasi yaitu, disampaikan secara lisan maupun tulisan, menggunakan bahasa isyarat, gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan lain sebagainya. Namun, apakah Live Story Instagram termasuk kedalam komunikasi bisnis? Untuk menjelaskan hal tersebut maka kita harus mengindentifikasi terlebih dahulu apa saja yang dibahas dalam Live Story Instagram. Live Story Instagram dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu:
1.      Komunikasi Biasa
Live Story Instagram termasuk kategori tersebut ketika satu orang atau lebih saling berinteraksi di dalam Live Story Instagram membahas dan menyampaikan konten yang tidak berhubungan dengan bisnis, selain itu komentar dari followers yang mengikuti Live Story Instagram dikategorikan sebagai komunikasi biasa ketika materi atau masalah yang dibahas dan didiskusikan tidak bersinggungan mengenai aspek-aspek bisnis
2.      Komunikasi Bisnis
Dapat dikategorikan kedalam komunikasi bisnis ketika memenuhi berbagai aspek yang mencakup bisnis; membahas, mengomentari, mengeritik, berdiskusi, dan lain sebagainya yang ada hubungannya dengan bisnis. Jika aspek-aspek tersebut telah terpenuhi maka komunikasi yang ada dalam Live Story Instagram tergolong dalam komunikasi bisnis.


Referensi:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar